ENSIKLOPEDIA

Ilmu adalah jendela dunia
 
PortalIndeksGalleryFAQPencarianGroupPendaftaranLogin
Clock
Calendar
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 12 pada Tue Jan 24, 2012 5:49 am
flag counter

allert

Share | 
 

 PENYAKIT BLACK DEATH (KEMATIANA HITAM)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
rahman
Admin


Jumlah posting : 14
Join date : 17.02.10
Age : 23
Lokasi : heaven

PostSubyek: PENYAKIT BLACK DEATH (KEMATIANA HITAM)   Sat Feb 20, 2010 12:30 am




Kematian Hitam, disebut juga Wabah Hitam, adalah suatu pandemi hebat yang pertama kali melanda Eropa pada pertengahan hingga akhir abad ke-14 (1347 – 1351) dan membunuh sepertiga hingga dua pertiga populasi Eropa. Pada saat yang hampir bersamaan, terjadi pula epidemi pada sebagian besar Asia dan Timur Tengah, yang menunjukkan bahwa peristiwa di Eropa sebenarnya merupakan bagian dari pandemi multi-regional. Jika termasuk Timur Tengah, India, dan Tiongkok, Kematian Hitam telah merenggut sedikitnya 75 juta nyawa. Penyakit yang sama diduga kembali melanda Eropa pada setiap generasi dengan perbedaan intensitas dan tingkat fatalitas yang berbeda hingga dasawarsa 1700-an. Beberapa wabah penting yang muncul kemudian antara lain Wabah Italia (1629 – 1631), Wabah Besar London (1665 – 1666), Wabah Besar Wina (1679), Wabah Besar Marseille (1720 – 1722), serta wabah pada tahun 1771 di Moskwa. Penyakit ini berhasil dimusnahkan di Eropa pada awal abad ke-19, tapi masih berlanjut pada bagian lain dunia (Afrika Tengah dan Oriental, Madagaskar, Asia, beberapa bagian Amerika Selatan).

Kematian Hitam menimbulkan akibat drastis terhadap populasi Eropa, serta merubah struktur sosial Eropa. Wabah ini memberi pukulan serius terhadap Gereja Katolik Roma, institusi keagamaan paling berpengaruh pada saat itu, serta mengakibatkan perburuan dan pembunuhan terhadap kaum minoritas seperti Yahudi, Muslim, pendatang, pengemis, serta penderita lepra. Ketidakpastian untuk tetap bertahan hidup menciptakan suatu kecenderungan yang tak sehat pada masyarakat untuk hidup hanya untuk hari ini, seperti digambarkan oleh Giovanni Boccaccio pada The Decameron (1353).

Kejadian awal di Eropa awalnya disebut sebagai "Mortalitas Besar" (Great Mortality) oleh para penulis kontemporer. Nama "Kematian Hitam" umumnya dianggap berasal dari gejala khas dari penyakit ini, yang disebut acral necrosis, di mana kulit penderita menjadi menghitam karena pendarahan subdermal. Catatan sejarah telah membuat sebagian besar ilmuwan meyakini bahwa Kematian Hitam adalah suatu serangan wabah bubonik yang disebabkan bakteri Yersinia pestis dan disebarkan oleh lalat dengan bantuan hewan seperti tikus hitam (Rattus rattus), walaupun ada juga kalangan yang menyangsikan kebenaran hal ini.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://ensiklopedia.sos4um.com
 
PENYAKIT BLACK DEATH (KEMATIANA HITAM)
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Jual helm arai Rx 7 RR5 Black frost
» wts kawasaki ninja 250 black / hitam low KM jogja solo klaten full standart thn 2009
» FOR SALE : NINJA 250 BLACK MANICURED & ELEGANT
» ███JUAL RUGI███ : Knalpot TWOBROTHERS Black Series Long Edition Ninja 250 Fi / OLD
» Pilih Hitam Premium atau Hitam Doff??

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
ENSIKLOPEDIA :: ENSIKLOPEDIA :: Penyakit yang mengerikan dunia-
Navigasi: